Cera Production

Lomba Review Percetakan CeraProduction.com

Tridinamika

Tridinamika Blog Kontes 2013

Wednesday 17 July 2013

Hemat Listrik dan Biaya Akomodasi dengan Menggunakan Produk TRIDINAMIKA

   Telah hadir sebuah perusahaan supplier yang bernama TRIDINAMIKA. Perusahaan tersebut telah dibentuk pada tahun 2002, namun dalam beberapa bulan sebelumnya , TRIDINAMIKA mulai memperkenalkan dan memasarkan produk-produk dari perusahaan luar negeri. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan visi dan misi yang telah dibuat oleh TRIDINAMIKA.

      
     Berikut beberapa produk yang TRIDINAMIKA suplly :

1. Agilent U1253B Handheld Digital Multimeter (Multimeter Digital Genggam Agilent U1253B) dari Perusahaan Agilent Technology


Agilent U1253 Handeld Digital Multimeter
Agilent U1253 Handeld Digital Multimeter
     Alat ini memiliki fungsi yang sama dengan multimeter lainnya, hanya saja dalam menampilkan output-nya didukung dengan teknologi OLED (Organic Light-Emitting Diode) atau Dioda cahaya organik. Inilah yang menjadi kelebihan dari produk Agilent U1253B, karena dengan OLED ini, yang mengungguli generasi tampilan layar sebelumnya LCD (Liquid Crystal Display), dalam sudut mati pun kita masih dapat melihat tampilan output, berbeda dengan multimeter lainnya. 
    Selain itu, alat ini merupakan multimeter di dunia yang pertama kalinya menggunakan teknologi OLED.   

  
    Alat ini dilengkapi dengan Graphical User Interface (GUI) yang mudah digunakan serta software yang mendukung data-logging (penyimpanan data) yang tidak terbatas ke komputer.      
   Dan yang paling penting, dari versi sebelumnya (Agilent U1250) sampai versi sekarang telah mendapatkan banyak awards dari tahun 2006 sampai 2009.   
    Dan yang pasti penggunaan teknologi OLED ini akan mempengaruhi penghematan biaya dan konsumsi listrik, hal ini dibuktikan dengan:
  • Konsumsi daya listrik yang rendah dan terbuat dari bahan organik menjadikan OLED sebagai teknologi ramah lingkungan.
  • Biaya operasional yang relatif rendah dan proses perakitan yang relatif sederhana dibandingkan LCD. OLED dapat dicetak ke atas substrat yang sesuai dengan menggunakan teknologi pencetak tinta semprot (inkjet printer).
    Dan pada umumnya alat ini digunakan oleh orang yang berkaitan dengan service elektronik atau listrik. 

2. PQube dari Perusahaan Power Standard Labs 
     Perhatikan kutipan tersebut,
      Apa yang dimaksud dengan power quality? Pada dasarnya, power quality adalah sebuah terminologi yang digunakan untuk mendefinisikan kemampuan suatu jaringan listrik dalam men-supply listrik dengan bersih dan stabil. Berkaitan dengan minimnya pemahaman power quality, banyak sekali industri di Indonesia yang tanpa sadar telah melakukan pemborosan energi selama bertahun-tahun.
    Dengan menggunakan PQube maka pemborosan energi selama bertahun-tahun tidak akan terjadi lagi. Selain itu, penghematan biaya pun dapat diwujudkan. Berikut penjelasan tentang produk PQube.
PQube from Power Standard Labs
PQube
     Berkaitan dengan penuaan infrastruktur dan fasilitas manufaktur perusahaan (manufaktur: pembuatan barang dengan mesin), stabilitas jaringan listrik menjadi lebih sulit dan sulit diprediksi. 
  Kenyataan ini mempengaruhi fasilitas manufaktur perusahaan di seluruh negeri, yang menyebabkan sebuah permasalahan bagi teknisi listrik dan supervisor fasilitas yang mengelola peralatan yang sensitif dengan listrik.  
   Tidak ada cara untuk mengatasi permasalahan  ini karena infrastruktur dan fasilitas tersebut hanya melakukan tugasnya saja dan tidak ada sistem yang memonitor setiap kejadian rutinitas infrastruktur, sehingga perusahaan Power Standard Labs menciptakan produk ini agar dapat memonitor setiap panel listrik tanpa membutuhkan akomodasi tambahan untuk perawatan infratruktur dan fasilitas manufaktur.  
     Yakni perangkat PQube. 
    Dengan PQube kita dapat memantau kedua tegangan AC dan DC dan arus dengan kecepatan sampling atau pengambilan data sebesar 256 siklus per detik ditambah dengan kemampuannya mengambil gambar kenaikan dan penurunan tegangan. Selain itu, PQube memantau dan menyimpan catatan sejumlah parameter lain seperti harmonik, ketidakseimbangan, VAR (Volt Ampere Reactive), impuls frekuensi tinggi dan lebih, yang memungkinkan untuk mendapatkan gambar rincian tentang power quality atau kualitas daya yang dihasilkan dari waktu ke waktu. 
    Berikut data-data yang dikirim ke email atau server secara langsung dalam bentuk grafik dan file data (tidak membutuhkan sebuah software untuk membuka file tersebut) berikut adalah contoh dari data-data yang dikirim:
hasil pemantauan dari perangkat PQube
Hasil Pemantauan dari perangkat PQube
     Dan berikut keterangannya untuk menunjukkan hasil kerja dari perangkat PQube:
1. file tersebut dikirim dari perangkat PQube pada tanggal 09 Maret 2011 (bisa dilihat dibagian kiri atas). dan dari sesi satu dapat kita lihat bahwa tegangan (voltage) turun menjadi 80% dari tegangan nominal pada garis L1L2(garis merah) dan L3L1 (garis biru). 
2. L1-N Voltage terlihat lebih menurun ke 53% yang menandakan bahwa kesalahan L1-Earth, dimana upstream (data yang dikirim dari perangkat) dari lokasi pemantauan. 
3. Sebagai hasil dari penurunan antara L1-N, yang saat ini L1 (garis merah) turun mengakibatkan L2 (garis kuning) dan L3 (garis biru) menurun juga (terlihat pada bagian Current). Sebuah perangkat protection yang merupakan fitur dari PQube mengirim data (upstream) dan menghilangkan kesalahan dalam waktu 1.8 detik.Kemudian kembali menutup. 
4. Akan tetapi sekitar 3 detik selanjutnya kesalahan masih ada sehingga kita melihat penurunan 1.8 detik lagi. 
5. Sebuah kejadian yang tidak terkait, seperti sebuah motor pada umumnya upstream dijalankan dan tertangkap potret pada voltage. Hal ini tidak berhubungan dengan penyebab penurunan tegangan.

    Dari keterangan gambar, seorang teknisi listrik dan supervisor fasilitas yang mengelola peralatan dapat mengambil kesimpulan bahwa penurunan besar pada tegangan disertai dengan penurunan lainnya pada saat ini, di dalam fasilitas, menandakan permasalahan pada sisi supply tegangan.  
    Dan pasti, teknisi listrik dan supervisor fasilitas merasa senang untuk melihat hasil PQube diatas karena dengan bantuan gambar tersebut mereka dapat menyelesaikan masalah. 
   PQube sering digunakan pada perusahaan semikonduktor, peralatan industri, fasilitas kedokteran, pemindaian sekuriti pada bandar udara, perusahaan listrik, dan bidang lainnya yang berhubungan dengan listrik.
    Dan ingat, yang paling penting adalah dengan menggunakan alat ini maka tidak akan membutuhkan akomodasi tambahan untuk perawatan infratruktur dan fasilitas manufaktur dan tidak akan terjadi pemborosan energi selama bertahun-tahun.

3. Fluke 709H Precision Loop Calibrator dari Perusahaan Fluke
Fluke 709H Precision Loop Calibrator
Fluke 709H Precision Loop Calibrator
    Alat ini digunakan untuk mendukung kalibrasi (proses pengecekan berkala dengan membandingkan data ukuran yang telah didapatkan dengan standar internasional yang ada) terhadap komponen-komponen elektronik. Kalibrasi dilakukan untuk mengetahui apakah komponen yang diukur bekerja dengan baik. Karena jika ada salah satu komponen telah berumur atau kinerjanya menurun maka akan mempengaruhi komponen lainnya.  
      Sehingga dengan adanya produk tersebut dapat menghemat biaya akomodasi perawatan terhadap semua komponen, tidak memaksakan komponen bekerja dengan kondisi yang tidak mendukung sehingga penggunaan energi listrik lebih efisien, dan juga hasil kinerja yang didapatkan lebih baik.
     Dan pada umumnya, alat ini digunakan untuk teknisi elektronik. 

4. Portable Digital Storage Oscilloscope dari Perusahaan Siglent
Portable Digital Storage Oscilloscope-siglent
Portable Digital Storage Oscilloscope
     Alat ini memiliki fungsi yang sama dengan Fluke 709H precision loop calibrator yakni digunakan untuk kalibrasi terhadap komponen hanya saja hasil pengukurannya ditampilkan dalam bentuk sinyal gelombang yang mudah dipahami secara langsung. 
    Dan tentu saja hasil diperoleh dari alat ini akan mempengaruhi kinerja teknisi kalibrasi dalam memantau kinerja mesin atau komponen-komponen elektronik menjadi lebih cepat karena tidak memakan waktu yang banyak dalam memperbaikinya dan tentu saja biaya untuk biaya akomodasi terhadap kinerja mesin dan penggunaan energi listrik lebih kecil.

5. Dan masih banyak lagi produk-produk yang dapat meminimalkan biaya penggunaan energi listrik dan biaya akomodasi mesin atau komponen-komponen elektronik dan yang pasti, itu semua didistribusikan oleh perusahaan TRIDINAMIKA, dengan mengunjungi situs TRIDINAMIKA.

Begitu banyak produk yang ditawarkan oleh perusahaan TRIDINAMIKA. Dan itu semua dilakukan agar penghematan energi terwujud.

Untuk informasi kepedulian TRIDINAMIKA terhadap negara kita, anda dapat mengunjugi situs yang telah didaftar pada sisi kanan halaman blog ini.

Terima kasih atas kunjungan anda.


Keyword: Hemat Listrik, Jasa Pengukuran, Energy Saving, Agilent Technologies, Fluke.

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar tentang artikel kami...