Cera Production

Lomba Review Percetakan CeraProduction.com

Tridinamika

Tridinamika Blog Kontes 2013

Tuesday 20 August 2013

Menyambut Komunitas ASEAN 2015 dan Membangun Komunitas Blogger ASEAN

    Di tahun 2015 nanti, akan menjadi hal yang sangat penting bagi negara-negara ASEAN. Karena pada tahun ini, akan dibentuk sebuah Komunitas ASEAN 2015 dengan tujuan untuk menangani berbagai permasalahan diantara negara-negara ASEAN maupun global.
Lambang Organisasi ASEAN
Lambang Organisasi ASEAN
 Dalam pencapaian terbentuknya Komunitas ASEAN 2015 ini, keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun 2011 telah berhasil membuat kemajuan yang tampak jelas hasilnya, kemajuan itu dilakukan dengan mewujudkan tiga pilar, berikut ketiga pilar tersebut adalah: 
Lambang Keketuaan Indonesia pada Tahun 2011
Lambang Keketuaan Indonesia di Tahun 2011
1. Pilar I: Komunitas politik-keamanan ASEAN 
    Pada pilar ini telah banyak yang dilakukan oleh keketuaan Indoensia di tahun 2011, diantaranya: 
1. Dalam bidang manajemen dan resolusi konflik, Indonesia mendorong dibentuknya ASEAN Institute for Peace and Reconsiliation (Institusi (lembaga) ASEAN untuk Rekonsiliasi (pemulihan hubungan persahabatan) dan Kedamaian) yang diharapkan menjadi lembaga pengembangan bagi negara-negara ASEAN dalam menyelesaikan konflik di kawasan ASEAN. 
2. Perjanjian Persahabatan dan Kerjasama di Asia Tenggara (Treats of Amity and Cooperation), sebagai acuan hubungan antar negara di kawasan ASEAN. 
3. Kerjasama di Bidang Pelayaran dan Perdagangan di Laut, ASEAN telah menyepakati perlunya penguatan kerjasama melalui ASEAN Maritim Forum (AMF), seperti penanganan kejahatan lintas negara secara luas. 
4. Dan masih banyak lagi yang dilakukan oleh keketuaan Indonesia pada bagian pilar I komunitas politik-keamanan ini. Anda dapat mengunjungi situs ini, Capaian Keketuaan Indonesia di ASEAN.

2. Pilar II: Komunitas Ekonomi ASEAN 
    Untuk mewujudkan pilar kedua ini keketuaan Indonesia melakukan beberapa hal, diantaranya: 
1. Dibentuknya ASEAN Framework on Equitable Economic Development (Susunan ASEAN pada Pengembangan Ekonomi yang Adil), yang bertujuan untuk mencapai kesetaraan dalam pembangunan ekonomi, dengan mengedepankan upaya menjembatani kesejangan pembangunan, penguatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan kesejahteraan sosial, serta membuka ruang partisipasi yang lebih lebar dalam menyatukan ASEAN. 
2. Dengan inisiatif Indonesia membentuk ASEAN Supreme Audit Institutions ( Institusi (lembaga) Audit (pemeriksaan pembukuan tentang keuangan) ASEAN yang Unggul ) yang akan mendorong terlaksananya prinsip pemerintahan dan peraturan hukum yang baik di kawasan ASEAN, serta menjadi wadah bagi kegiatan-kegiatan peningkatan kapasitas yang akan mendorong peningkatan kualitas, profesionalisme, dan kesatuan para auditor publik. 
3. Terkait energi, ASEAN sepakat untuk mengembangkan akses masyarakaat terhadap energi, antara lain melalui pengembangan biomassa di pedesaan dan pelaksanaan jaringan listrik ASEAN. 
4. Dan masih banyak lagi yang telah diwujudnyatakan oleh keketuaan indonesia dengan mengunjungi situs berikut, Capaian Keketuaan Indonesia di ASEAN.

3. Pilar III: Komunitas Sosial Budaya ASEAN
Pada komunitas sosial budaya, telah banyak yang dilakukan untuk mewujudkan komunitas ini, diantaranya: 
1. Pada sektor kebudayaan, Indonesia menggagas penyusunan deklarasi on ASEAN Unity in Cultural Diversity: Towards Strengthening ASEAN Community (Persatuan di ASEAN dalam Keragaman Budaya: Menuju Penguatan Komunitas ASEAN) yang bertujuan untuk mendukung terwujudnya komunitas ASEAN yang meninjau masyarakat melalui pendekatan kerjasama kebudayaan. 
2. Untuk penyandang cacat, para kepala negara ASEAN mengadopsi Declaration on The Enhancement of the Rule and Participation of Person with Disabilities in The ASEAN Community (Deklarasi Perbaikan Peraturan dan Partisipasi dari Personal yang Disabilitas (Menyandang Cacat) dan memberitahukan secara resmi ASEAN Decade of Person with Disabilities (2011-2020): The Thematic Years to Promote Disabilities Inclusive Development in ASEAN (Dekade ASEAN untuk Personal yang Disabilitas (Menyandang Cacat) (2011-2020): Tahun Tematik (Bersangkutan dengan tema) untuk Mempromosikan Pembangunan bagi Personal yang termasuk Penyandang Cacat di ASEAN). Kedua dokumen ini bertujuan untuk meningkatkan upaya perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang cacat, termasuk hak-hak politik, penggunaan informasi serta akses atas lingkungan dan transportasi yang didasarkan pada kesamaan hak. 
3. Terkait dengan isu Perempuan, para kepala negara ASEAN menyetujui pembentukan ASEAN Ministerial Meeting on Women (Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN Bagi para Perempuan) sebagai upaya ASEAN untuk meningkatkan kerjasama pemajuan dan perlindungan hak-hak perempuan khususnya di bidang pengurusutamaan gender dalam berbagai kebijakan di tingkat regional. 
4. Dan masih banyak lagi yang dilakukan untuk mewujudkan komunitas sosial budaya ASEAN. Anda dapat mengunjungi situs ini untuk informasi selengkapnya, Capaian Keketuaan Indonesia di ASEAN.

Dan untuk mensosialisasikan semua yang dilakukan oleh keketuaan ASEAN dalam mewujudkan Komunitas ASEAN 2015 maka sangat diharapkan kepada seluruh Blogger Indonesia untuk ikut berperan dalam mensosialisasikannya. Karena kumpulan Blogger merupakan bagian dari kelompok masyarakat yang dapat berpartisipasi dalam mensosialisasikan Komunitas ASEAN 2015

Sehingga kumpulan Blogger tersebut akan menjadi Komunitas Blogger ASEAN yang diharapkan oleh kementrian luar negeri dalam menyebarluaskan semua informasi yang berkaitan dengan seluruh kegiatan di dalam organisasi tingkat internasional di kawasan Asia ini. 
Lambang Komunitas Blogger ASEAN
Lambang Komunitas Blogger ASEAN
Dan semoga dengan terbentuknya kedua komunitas tersebut akan menjadikan negara-negara ASEAN lebih maju dalam segala bidang baik itu bidang ekonomi, keamanan, sosial budaya, politik atau yang lain-lainnya.

Maju ASEAN.

1 comment:

  1. ASEAN memang super top, selamat berlomba semoga menjadi yang terbaik...keep happy blogging always...salam :-)

    ReplyDelete

Silahkan beri komentar tentang artikel kami...